Cara Install OpenLiteSpeed Web Server On Ubuntu 18.04

Cara Install OpenLiteSpeed Web Server On Ubuntu 18.04

Posted on
Daftar Isi

Cara Install OpenliteSpeed Web Server On Ubuntu 18.04 – OpenLiteSpeed ialah server situs sumber terbuka yang dimaksimalkan yang bisa dipakai untuk mengurus dan layani situs.

OpenLiteSpeed mempunyai beberapa feature bermanfaat yang menjadikan opsi yang kompak untuk banyak instalasi: feature ini mempunyai ketentuan penulisan kembali yang cocok dengan Apache, antar-muka administrasi berbasiskan situs bawaan, dan pemrosesan PHP khusus yang dimaksimalkan untuk server.

Baca Juga : 7 Alasan Mengapa Ulasan Online Penting untuk Toko Anda

Untuk menyelesaikan cara ini, Anda memerlukan server Ubuntu 18.04 dengan sudo-enabled, non-root user dan ufw firewall sudah diaktifkan.

OpenLiteSpeed menyediakan repositori perangkat lunak yang dapat kita gunakan untuk mengunduh dan menginstal server dengan perintah apt standar Ubuntu.

1. Install OpenLiteSpeed

Untuk mengaktifkan repositori ini untuk sistem Ubuntu Anda, pertama-tama unduh dan tambahkan kunci the developer’s software signing key :

wget -qO - https://rpms.litespeedtech.com/debian/lst_repo.gpg | sudo apt-key add -

Kunci ini digunakan untuk memverifikasi secara kriptografis bahwa tidak akan ada orang yang merusak perangkat lunak yang akan kami download.

selanjutnya tambahkan repository information to our system :

sudo add-apt-repository 'deb http://rpms.litespeedtech.com/debian/ bionic main'

Setelah repositori ditambahkan, perintah add-apt-repository akan me-refresh cache paket kita dan perangkat lunak baru akan tersedia untuk diinstal.

Instal server OpenLiteSpeed dan prosesor PHP-nya menggunakan apt install :

sudo apt install openlitespeed lsphp73

Terakhir, buat soft link ke prosesor PHP yang baru saja kita install. Ini mengarahkan server OpenLiteSpeed untuk menggunakan versi yang benar:

sudo ln -sf /usr/local/lsws/lsphp73/bin/lsphp /usr/local/lsws/fcgi-bin/lsphp5

Setelah server OpenLiteSpeed diinstall, kami akan mengamankannya dengan memperbarui akun admin default anda.

2. Setting Admin Password

Sebelum kita menguji server, kita harus memperbaharui kata sandi administratif baru untuk OpenLiteSpeed. Secara default, kata sandinya 123456, jadi kita harus segera mengubahnya. Kita dapat melakukan ini dengan menjalankan skrip yang disediakan oleh OpenLiteSpeed :

sudo /usr/local/lsws/admin/misc/admpass.sh

Anda akan diminta untuk memberikan nama pengguna untuk pengguna Admin. Jika Anda menekan ENTER tanpa memilih nama pengguna baru, default “admin” akan digunakan. Kemudian, Anda akan diminta untuk membuat dan mengonfirmasi kata sandi baru untuk akun tersebut. Lalu tekan ENTER untuk terakhir kalinya. Skrip akan mengonfirmasi pembaruan yang berhasil :

Administrator's username/password is updated successfully!

3. Memulai dan Menghubungkan Ke Server

OpenLiteSpeed seharusnya dimulai secara otomatis setelah diinstal. Kami dapat memverifikasi ini menggunakan perintah lswsctrl :

sudo /usr/local/lsws/bin/lswsctrl status
Output
litespeed is running with PID 990.

Jika kalian tidak melihat pesan serupa, kalian dapat memulai servernya dengan menggunakan lswsctrl :

sudo /usr/local/lsws/bin/lswsctrl start
Output
[OK] litespeed: pid=5137.

Server sekarang harusnya berjalan. Sebelum kita dapat mengunjunginya di browser kita, kita perlu membuka beberapa port di firewall kita. Dengan melakukan ini dengan perintah ufw :

sudo ufw allow 8088
sudo ufw allow 7080

Nah, sekarang OpenLiteSpeed Server telah berhasil di install dan dapat di akses oleh kalian melalui web browser dengan cara

http://server_domain_or_IP:7080

setelah terbukan kalian bisa masukan Username dan Password yang sudah kalian atur tadi.

Sumber : https://www.digitalocean.com/community/tutorials/how-to-install-the-openlitespeed-web-server-on-ubuntu-18-04

Blogger Newbie